7 Keutamaan Bersegera Menuju Masjid

0

Tunaikan shalat berjamaah, setiap kita tentu menginginkan nilai plus setiap kita menuju masjid. Hal itu antara lain bisa kita peroleh dengan bersegera menuju masjid setiap kali azan dikumandangkan atau masuk waktu shalat.

Berikut ini beberapa keutamaan bersegera menuju masjid

  1. Seorang yang duduk di masjid menunggu diselenggarakannya shalat berjamaah senantiasa berada di dalam shalat. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:”Seorang dari kalian senantiasa berada dalam shalat selama shalat yang mencegahnya untuk pergi, tidak ada yang  menghalanginya untuk pulang kecuali shalat tersebut”. (HR. Bukhari-Muslim)
  2. Bersegera menuju masjid merupakan indikasi terpautnya hati dengan masjid yang merupakan baitullah. Dalam hadits yang menerangkan tujuh golongan yang mendapatkan perlindungan Allah Ta’ala pada hari Kiamat kelak, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menyebut salah satunya: Laki-laki yang hatinya terpaut dengan masjid, bila dia keluar darinya hingga dia kembali”. (Muttafaq alaihi dengan redaksi Muslim)
  3. Allah Subhanahu wata’ala menjamin orang-orang yang akrab dengan masjid dengan rahmat, ridha, dan keselamatan melewati Shirath pada hari Kiamat. Rasulullahshallallahu alaihi wasallam bersabda: “Masjid itu adalah rumah bagi setiap manusia bertaqwa. Allah menjamin manusia yang menjadikan masjid sebagai rumahnya dengan ketenangan dan rahmat, serta keselamatan melewati Shitarh, dengan ridha Allah, menuju Syurga”. (HR. Thabrani & Badzzar; Haytsami berkata: isnadnya hasan).
  4. Dengan bersegera menuju masjid, kita dapat menuju shalat dengan lebih tenang. Dengan begitu kita melaksanakan anjuran Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang bersabda: “Jika kalian menuju masjid, hendaknya kalian (berjalan) dengan tenang”. (HR. Bukhari-Muslim).
  5. Dengan bersegera menuju masjid, kita berpeluang mendapatkan shaf pertama dalam shalat jamaah dengan segala keutamaan yang dimilikinya. Tentang keutamaan shaf pertama dalam shalat, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:”“Seandainya manusia tahu (keutamaan) apa yang terdapat dalam menjawab azan dan shaf pertama, kemudian tidak mendapatkannya kecuali dengan mengundi maka niscaya mereka akan melakukan undian”. (HR. Bukhari)
  6. Orang yang bersegera menuju masjid berpeluang besar bisa melakukan shalat pada shaf jamaah bagian kanan. Sebab, umumnya pada awal waktu shaf-shaf jamaah masih sangat lowong. Patut diingat bahwa shalat pada shaf jamaah bagian kanan punya keutamaan tersendiri, sebagaimana disinggung dalam hadits: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada (manusia yang shalat pada) shaf bagian kanan”. (HR. Abu Dawud; dinilai hasan oleh Ibn Hajar dalam Fath al-Bariy)
  7. Orang yang bersegera menuju masjid otomatis bisa mendapatkan Takbiratul ihram (takbir pertama shalat) bersama imam. Melaksanakan Takbiratuh ihrambersama imam punya fadhilah tersendiri, sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam: “Barang siapa yang shalat karena Allah 40 hari berjamaah dengan mendapatkan takbir  yang pertama (Takbiratul ihram), dia tercatat bebas dari dua perkara: api Neraka dan sifat kemunafikan”. (HR. Tirmidzi; dinilai hasan oleh al-Albani)

Betapa banyak keutamaan yang bisa kita dapatkan dengan bersegera menuju ke masjid. Nah, tunggu apa lagi?

(markazinayah.com/wahdahmakassar.org)

Share.

Leave A Reply