Bagaimana Kalau Hari Raya I’ed Bertepatan dengan Hari Jum’at?

0

Kesimpulan Fatwa Ulama Besar Saudi Tentang Hukum Shalat Jumat Ketika Hari Ied Bertepatan Dengan Hari Jumat (Koreksi Dari yang Sebelumnya):

  1. Barangsiapa yang telah hadir melaksanakan sholat Ied maka ada keringanan baginya untuk tidak hadir shalat Jumat, dia cukup melaksanakan sholat Zhuhur di waktunya. Namun jika dia tidak mengambil keringanan ini dan tetap melaksanakan sholat Jumat berjamaah maka itu lebih afdhal.
  2. Barangsiapa yang tidak hadir shalat Ied maka dia tidak mendapatkan keringan ini maka dia tetap wajib melaksanakan shalat Jumat, dia harus bergegas ke masjid untuk melaksanakan shalat Jumat namun jika dia tidak mendapatkan di masjid jumlah yang cukup untuk shalat Jumat maka cukup baginya sholat Zhuhur
  3. Wajib bagi imam masjid Jami’ untuk tetap melaksanakan shalat Jumat pada hari itu untuk memberi kesempatan bagi siapa saja yang tetap mau melaksanakan Jumat dan bagi yang tidak sempat hadir shalat Ied. Jika jumlah hadirin cukup maka imam melaksanakan sholat Jumat namun jika tidak maka dilaksanakan shalat Zhuhur.
  4. Barangsiapa yang hadir sholat Ied maka ada keringanan baginya untuk tidak mengerjakan sholat Jumat namun tetap wajib baginya shalat Zhuhur pada saat waktu shalat telah masuk.
  5. Tidak disyariatkan pada hari itu adzan Zhuhur kecuali di masjid yang dilaksanakan shalat Jumat
  6. Pendapat yang mengatakan bahwa siapa yang telah melaksanakan shalat Ied maka tidak wajib baginya melaksanakan shalat Jumat dan shalat Zhuhur pada hari itu adalah pendapat yang tidak benar, oleh karena itu para Ulama telah meninggalkan pendapat tersebut dan menghukuminya sebagai pendapat yang salah dan aneh karena bertentangan dengan Sunnah dan pendapat tersebut menggugurkan kewajiban diantara kewajiban-kewajiban yang tel;ah Allah Azza wa Jalla perintahkan tanpa didasari dalil yang tegas. Boleh jadi ulama yang berpendapat seperti ini belum sampai kepadanya sunnah-sunnah dan beberapa atsar yang menjelaskan bahwa bagi yang telah shalat Ied ada keringanan untuk shalat Jumat namun tetap harus melaksanakan sholat Zhuhur.

 

Komisi Tetap Urusan Riset Ilmiah dan Fatwa Kerajaan Saudi Arabia
1. Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah Aalu Asy Syaikh
2. Syaikh Abdullah bin Abdirrah Al Ghudayyan
3. Syaikh Bakar bin Abdillah Abu Zaid
4. Syaikh Sholeh bin Fauzaan Al Fauzan

 

Share.

Leave A Reply