Waktu posting: Fri, Jan 11th, 2013
Video | Oleh masteradmin | Dibaca: 4,025 kali

Ceramah Pendek – Keutamaan al-Qur’an

Video Ceramah Pendek “Keutamaan al-Qur’an”

oleh Ustadz Harman Tajang, Lc. hafidzahullah.


Keutamaan al-Qur’an

Oleh Ustadz Harman Tajang, Lc.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam al-Qur’an:

al-israa 9

al-israa 10“Sesungguhnya Al-Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang Mukmin yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar”. dan sesungguhnya orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat, Kami sediakan bagi mereka azab yang pedih. (QS. Al-Israa: 9-10)

Ayat ini menunjukkan kepada kita bahwa betapa besar nikmat Allah yang diberikan kepada hamba-hamba-Nya dengan diturunkannya al-Qur’an sebagai petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa. Dimana ia merupakan sumber kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman di dalam al-Qur’an:

thaha 123

 

thaha 124

“…Barangsiapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya ia tidak akan tersesat dan tidak akan celaka. Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta”. (QS. Thaha: 123-124)

Kemudian orang-orang yang berpaling itu mengatakan (sebagaimana dikabarkan Allah Ta’ala),

thaha 125

Berkatalah ia: “Ya Tuhanku, mengapa Engkau menghimpunkan aku dalam keadaan buta, padahal aku dahulunya adalah seorang yang melihat?” (QS. Thaha: 125)

Allah Subhanahu wa Ta’ala kemudian menjawabnya dengan mengatakan:

thaha 126“Allah berfirman: “Demikianlah, telah datang kepadamu ayat-ayat Kami, maka kamu melupakannya, dan begitu (pula) pada hari ini kamupun dilupakan”. (QS. Thaha: 126)

Karenanya kewajiban kita untuk mengikuti al-Qur’an yang merupakan Nasehat dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Yang merupakan obat dari segala penyakit, baik penyakit yang zahir ataupun penyakit yang batin. Sebagaimana firman Allah Ta’ala di dalam al-Qur’an :

yunus 57

Wahai sekalian manusia, telah datang nasehat dari Tuhanmu (alQuran) dan sebagai obat bagi yang berada di dalam dada (hati), dan sebagai petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman (QS. Yunus: 57)

Selanjutnya Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

yunus 58Katakanlah: “Dengan kurnia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan”. (QS. Yunus: 58)

Mari kita berpegang teguh dengan al-Qur’an yang diturunkan Allah Subhanahu wa Ta’ala lewat jibril ‘alaihi salam kepada Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk mengeluarkan manusia dari kegelapan ke alam yang terang benderang.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Aku meninggalkan kalian dua hal. Jika kalian berpegang teguh dengan keduanya, maka kalian tidak akan tersesat selama-lamanya, yaitu Kitab Alloh dan Sunnah NabiNya” (Hadits Riwayat Malik)

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala menanamkan di dalam hati-hati kita kecintaan terhadap al-Qur’an, kecintaan untuk senantiasa membaca al-Qur’an, kemudian mentadabburi al-Qur’an, mengajarkan al-Qur’an, menghafalkan al-Qur’an dan yang lebih penting adalah bagaimana kita bisa mengamalkan nilai-nilai al-Qur’an dalam kehidupan kita sehari-hari yang dengannya insya Allah kita akan mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat.[]

Iklan Buletin al-Balagh