Ilmu Bukan untuk Sekedar Dicatat dan Dihafal

0

WahdahMakassar.org. Departemen Kaderisasi DPD Wahdah Islamiyah sukses menggelar tarbiyah gabungan halaqah Ta’rifiyah pada hari Ahad (17/03) kemarin di dilaksanakan di masjid Baiturrahman, Panaikang Makassar. Kegiatan yang mengambil tema “Menapak Jejak Salafusholeh dalam Menggapai Surga” ini menghadirkan sekretaris Dewan Syariah Wahdah Islamiyah, ustadz Muhammad Ihsan Zainuddin, Lc. M.Si sebagai pemateri.

Di awal materi, penulis buku “Seuntai Kalung Cinta” ini mengguggah kesadaran peserta akan tujuan hidup mereka. Beliau menuturkan bahwa kalau kita tidak yakin dengan cita-cita kita, tidak yakin dengan apa yang ingin kita raih maka dampaknya adalah kita tidak akan serius untuk berbuat agar bisa sukses mencapai cita-cita tersebut dan berakibat waktu yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada kita habis terbuang begitu saja.

Lebih lanjut, pengasuh kuliahislamonline.com ini menegaskan bahwa menuntut ilmu adalah proses memperbaiki diri. “Jangan dipahami bahwa menuntut ilmu hanya hadir kemudian mencatat, mendengarkan dan menghafal saja, tidak! Di kalangan para ulama salaf, yang namanya menuntut ilmu, yang namanya thalabul ‘ilm itu sudah terintegrasi dengan apa yang kita kenal dengan tarbiyah pada hari ini. Orang menuntut ilmu itu bukan sekedar mendengar atau menghafal, tapi mereka hadir untuk membina kepribadiannya, membina akhlaknya.”Paparnya.[]

Share.

Leave A Reply