Karakter Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Para Sahabat

0

Salah satu diantara pemahaman mendasar bagi kita yang belajar mempelajari Islam adalah bahwa siapapun kita ketika berpegang teguh kepada risalah yang dibawa oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang mulia ini maka itu berarti ada garansi kemenangan dan kejayaan bagi kita dari Allah Subhanahu wa Ta’ala bukan hanya kebahagiaan¬† di akhirat saja tapi ketinggian dan kemuliaan di dalam kehidupan dunia ini.

Lantas kenapa hari ini kejayaan itu belum kita pegang? Untuk menjawab pertanyaan ini ada kaidah yang disebut Allah dalam al-Qur’an untuk senantiasa kita ulang-ulang, “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum hingga kaum tersebut mengubah diri mereka sendiri”. Dari ayat tersebut maka kita yakini bahwa setelah taufik dari Allah Subhanhu wa Ta’ala, kunci kemenangan dan kejayaan itu terletak pada diri kita sendiri.

Biasanya kalau kita membahas problematika ummat kita enak sekali membicarakan tentang konspirasi musuh, kita nyaman sekali membicarakan makar-makar dari musuh Allah Subhanhu wa Ta’ala, kita dengan mudah menunjuk bahwa ini yang salah itu yang salah, akan tetapi kaidah qur’aniyah tersebut mengatakan kepada kita bahwa bisa jadi semua itu memang salah tapi kesalahan pertama ada pada diri kita.

Itulah prolog dari ceramah ustadz Ilham Jaya Abdul Rauf, Lc. MA, selanjutnya beliau membahas karakter yang perlu untuk ditanamkan dalam generasi sekarang ini, dimana karakter tersebut adalah karakter yang dimiliki oleh Rasulullah serta para generasi pertama Islam namun jarang kita dengar ataupun jarang dibahas di forum-forum ataupun ceramah-ceramah.
1. Karakter Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Sahabat. (Kemandirian)

Download di SINI

2. Karakter Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Sahabat. (Semangat Berprestasi)

Download di SINI

3. Karakter Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Sahabat. (Inovatif)

Download di SINI

Share.

Comments are closed.