Ketua Umum Wahdah Islamiyah Hadiri Muktamar Ihtisab di Turki

0

WahdahMakassar.org– Ketua Umum Wahdah Islamiyah (WI) Al-Ustadz DR. Muhammad Zaitun Rasmin, Lc, MA menghadiri muktamar Ihtisab di Istambul Turki pada Sabtu (9/5). Yang dimaksud dengan ihtisab dalam muktamar tersebut adalah kepedulian untuk melakukan nasehat atau perbaikan dengan sukarela. Pelakunya disebut muhtasib, yakni relawan untuk nasihat dan perbaikan.

Menurut Ustad Zaitun, Salah satu poin penting yang dibahas dalam muktamar ini adalah pentingnya peran para ulama dan Dai menjadi relawan untuk menasehati dan mengarahkan orang-orang (pemuda-pemuda) yang berfikiran atau berperilaku ekstrim.

Muktamar yang dihadiri oleh para ulama dan du’at dari berbagai negeri Islam tersebut diselenggarakan oleh Markaz al-Muhtasib yang berada dibawah Ikatan Ulama Muslim Sedunia. Mantan Sekretaris jenderal (Sekjen) Ikatan Ulama Muslim Sedunia, Syekh. Prof. DR. Naser Ibn Sulaiman al-Omar menyatakan bahwa muktamar tersebut merupakan titik tolak untuk menyebarkan syi’ar ihtisab ke seluruh dunia Islam. “Dari Istambul, hari ini digelar muktamar ihtisab guna menyebarkan syi’ar yang mulia ini dari gerakan lokal ke gerakan global dan menanamkan pemahaman tentang ihtisab di tengah ummat”, tulis Syekh Nasser dalam akun twiternya pada Sabtu (9/5).

Dalam konferensi yang berlangsung selama dua hari (20-21/7/1436H) tersebut dibahas berbagai topik, mulai dari hisbah atau ihtisab dalam bidang politik, pemikiran, sosial dan akhlaq, sampai pada hisbah di negeri minoritas Muslim dan hisbah terhadap sekte-sekte bid’ah. Masing-masing topik tersebut dikaji dan dibahas oleh para ulama yang otoritatif seperti Syekh. DR. Abdurrahman bin Shaleh al-mahmud (Al-Hisbah al-Fikriyah), Syekh. DR. Muhammad Yusri Ibrahim (Al-Ihtisab ‘alal Ghuluw), Syekh DR. ‘Athiyah ‘Adnan (Al-Hisbah as-Siyasiyah), Syekh. DR. Haitsam bin Jawwad aal-Haddad (Al-Hisbah Fil Mujtama’ al aqalliyatil Muslimah), dan sebagainya.

Selain itu, hadir pula sebagai narasumber utama dalam muktamar tersebut; Syekh. DR. Abdullah bin Abdurrahman (Pimpinan umum markaz muhtasib), Syekh. DR. Fuad bin Abdul karim al-‘Abdul karim (pakar gender), Syekh. DR. Mahmud bin Muhammad al-Mubarak, Syekh Raid Syafiq Khalil, Syekh DR. Muhammad bin Abdul karim Asy-Syaikh. Muktamar dibuka oleh Ketua Ikatan Ulama Muslim Sedunia, Syekh. DR. Al-Amin Al-Hajj Muhammad dan ditutup oleh Syekh Nasser bin Sulaiman al-Omar. (sym)

Share.

Leave A Reply