Ketua Wahdah Paparkan Kemudahan Belajar Al-Quran Pada Pembukaan IBF

0

WahdahMakassar.org– Ketua Umum Wahdah Islamiyah (WI), Ustadz DR. Muhammad Zaitun Rasmin, Lc. MA. memaparkan kemudahan belajar Al-Qur’an pada pembukaan Islamic Book Fair (IBF) ke-14 tahun 2015 di Jakarta pada Jum’at (27/02). “Al-Qur’an itu mudah karena telah dimudahkan oleh Allah. Allah ‘Azza wa Jalla telah menegaskan dalam Al-Qur’an secara tersurat bahwa Al-Qur’an dimudahkan untuk dipelajari. Tidak tanggung-tanggung disebutkan dalam 4 ayat secara berulang-ulang dengan lafazh yang sama dalam satu surah; yaitu pada surah al-Qamar ayat 17, 22, 32 dan 40 ”, paparnya.

ketua umum wahdah islamiyah di pembukaan IBF 2015

Ustadz Zaitun Memberikan Sambutan

Kemudahan belajar Al-Qur’an meliputi kemudahan mempelajar bacaannya, menghafalnya, dan memahami maknanya. “Sepanjang sejarah telah terbukti, Al-Qur’an mudah dipelajari, dihafalkan, dan dipahami maknanya”, tegas Ustad Zaitun di hadapan ribuan hadirin yang menghadiri pembukaan pameran buku tersebas SeAsia Tenggara tersebut.

Berkenaan dengan kemudahan memahami Al-Qur’an Inisiator Majelis Inteleketual & Ulama Muda Indeonesia (MIUMI) ini menegaskan bahwa, Kemudahan memahami makna Al-Qur’an selain berdasarkan pada keyakinan dan pemahaman terhadap dalil-dalil syar’i, dapat pula diuraikan secara rasional; (a) ungkapan Al-Qur’an umumnya adalah kata dan kalimat yang digunakan sehari-hari sehingga dapat dipahami oleh yang mengerti bahasa Arab dengan mudah dan cepat. (b) Kata dan kalimat Al-Qur’an umumnya berulang dari awal hingga akhir, sehingga bagi kalangan non Arab pun akan mudah memahaminya, bila sudah mempelajari makna kalimat-kalimat tersebut di bagian awal Al-Qur’an. (c) Bagi bangsa seperti bangsa Melayu yang bahasanya sangat banyak diserap dari kosa kata Arab, akan mudah memahami makna Al-Qur’an karena termasuk yang terdapat dalam Al-Qur’an. (Sym/wahdah.or.id)

 

 

 

Share.

Leave A Reply