Kiat Menyambut Bulan Ramadhan

0

Segala puji bagi Allah Subhanahu wa Ta’ala, Rabb semesta alam,Shalawat dan salam semoga tercurahkan kepada nabi Muhammad, keluarga dan sahabat beliau.

Sebentar lagi kita akan kedatangan tamu agung dan mulia yang selalu menjadi dambaan setiap Muslim. Tamu tersebut adalah bulan Ramadhan, bulan al-Qur’an, bulan Syiam, bulan Qiyamullail, bulan kesabaran dan taqwa, bulan kasih sayang, ampunan dan terbebasnya hamba dari api neraka. Bulan yang di dalamnya ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan, bulan di mana syetan dibelenggu, pintu neraka ditutup dan pintu Surga dibuka serta amal kebaikan dilipatgandakan dan penuh berkah dalam ketaatan

Maka seyogyanya kita menyambutnya sebaik mungkin dan mempersiapkan berbagai amal kebaikan sebagaimana yang dilakukan kaum Salaf, mereka berdoa agar dipertemukan dengan Ramadhan sejak 6 bulan sebelumnya dan jika mereka mengakhirinya mereka menangis dan berdoa kepada Allah agar amal mereka pada bulan yang lain diterima,seperti yang dinukil oleh Ibnu Rajab rahimahullah.

Diantara kiat-kiat menyambutnya adalah;

1. Berdoa agar dipertemukan dengan bulan tersebut dengan redaksi doa apapun, selama maknanya sama. Karena tidak ada doa khusus yang bersumber dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. (Lihat, HR. Ashhabus Sunan)

2. Memuji Allah Subhanahu wa Ta’ala dan bersyukur kepada-Nya.Karena berapa banyak orang yang tahun lalu masih shalat dan bergaul bersama kita, namun tahun ini tidak lagi bersama kita.

3. Bergembira dan saling memberikan kabar gembira/ucapan selamat dengan datangnya bulan yang mulia ini. Seperti yang dilakukan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ketika datang bulan Ramadhan, beliau mmberikan kabar gembira kepada sahabatnya. (Lihat, HR.Ahmad & Nasai)

4. Niat tulus karena Allah Subhanahu wa Ta’ala dan kemauan yang sungguh-sungguh untuk mengisi bulan tersebut dengan amal-amal shalih dan meninggalkan segala bentuk perbuatan dosa serta bertaubat dengan sungguh-sungguh kepada Allah Ta’ala atas segala dosa yang pernah dilakukan.(Lihat, QS. Muhammad:21; an-Nur: 31; at-Taubah: 74; an-Nur: 31 dll.)

5.  Mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan puasa dan ibadah Ramadhan. (Lihat, QS. Anbiya: 7)

6. Persiapan fisik dan jasmani. Karena rangkaian ibadah Ramadhan memerlukan kekuatan fisik yang baik dan menuntut selalu dalam kondisi prima.

Demikian diantara kiat-kiat menyambut bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply