Mengganti Puasa Ramadhan yang Jumlahnya Dilupa

0

Pertanyaan:

Ada seseorang akhwat, dahulu sebelum ‘hijrah’ dia tidak pernah mengganti puasa Ramadhan-nya yang batal. Setelah sekarang dia dapat hidayah dia sadar akan kesalahan yang dilakukan dan dia ingin mengganti puasanya tersebut. Yang menjadi masalah bagi dia sekarang. dia tidak tahu lagi berapa yang harus dia ganti, karena saking lamanya dan banyaknya. Bagaimana solusi dari masalah tersebut menurut syari’at?

dari Haryanti di Majene

Jawaban:

Jika ia bisa memperkirakan dan mengambil yang pertengahan maka hal itu yang ia lakukan. Misalkan disampaikan kepadanya ; apakah ia meninggalkan puasa 60 hari misalnya? Kalo ia mengatakan terlalu banyak maka kita tanya lagi ; apakah sekitar 30 hari? Kalau ia menjawab terlalu sedikit maka kita mengambil pertengahannya, namun jika ia sulit memperkirakan maka hendaknya ia bertaubat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala kemudian memperbanyak puasa Sunnah. Waffaqakumullah.

Dijawab oleh Ustadz Harman Tajang, Lc. hafidzahullah

——————————

Silahkan kirim pertanyaan Anda seputar masalah Islam di Konsultasi Syari’ah. Jawaban akan kami posting di Rubrik Konsultasi atau kami kirim ke alamat email Anda.

 

Share.

Leave A Reply