Sebaik-baik Urusan adalah yang Seimbang

0

“Wahai jiwaku, tubuh ibarat tunggangan, jika tidak dirawat dengan baik maka dia tidak akan membawa pengendaranya sampai ke rumah. Dan bukan maksud saya untuk menolak ajakanmu demi memperbanyak keinginan-keinginan dunia, yang saya maksud adalah memberikan pada badan saya sesuatu yang cocok baginya, sehingga di saat itu pemikiran akan jernih, akal juga akan sehat dan daya tangkap menjadi kuat…”

Itulah sebagian jawaban Ibnul Jauzy rahimahullah kepada jiwanya yang mengajak dirinya untuk beruzlah dan meninggalkan segala urusan dunia. Sesuatu yang kelihatan baik namun menurut beliau justru sesuatu yang berlebihan dan akan mengantarkan manusia pada kebinasaan. Dan ujungnya adalah kesesatan karena menyelisihi apa yang telah dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam beserta para sahabat beliau.

Pembahasan selengkapnya Anda bisa dengar di bawah ini yang dibawakan oleh ustadz Rahmat Abdul Rahman, Lc. MA. hafidzhahullah, merupakan penjelasan dari bab “Sebaik-baik Urusan adalah yang Seimbang” dalam kitab Shaidul Khatir karya Imam Ibnul Jauzy rahimahullah.


Download di SINI

Share.

Leave A Reply