Siapa Salafi dan Ciri-cirinya?

0

Dari saudara Sarid Armansyah di jl. Monumen Emy Saelan IV

Pertanyaan:

Assalamu alaikum. ana mau tanya ustadz, sebenarnya salafi itu apa? Dan siapa-siapa saja yang berhak mendapat julukan salafy???
jazakumullah kharean.

Jawaban:

Waalaikum salam warahmatullahi. Salaf adalah nisbah atau penyandaran pada generasi Salaf As-Shalih dari golongan sahabat dan generasi terbaik setelah mereka, kemudian generasi berikutnya yang telah direkomendasi dalam al-Qur’an dan Sunnah untuk kita meniti jalan mereka. Mereka adalah sebaik-sebaik pengikut Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, jadi ciri salafi adalah yang teguh mengamalkan Al-Qur’an dan Sunnah dengan pemahaman generasi terbaik tersebut. Ia tidak terikat dengan kelompok tertentu, atau negara tertentu atau jama’ah tertentu. Dan yang menentukan kesalafiyahan seseorang adalah sebagaimana ciri yang kita sebutkan di atas dan bukan cuma gelaran semata. Semoga kita menjadi sebaik-baik khalaf untuk generasi salaf. Amin, wallahu a’lam.

Dijawab oleh Ustadz Harman Tajang, Lc. hafidzahullah

——————————

Silahkan kirim pertanyaan Anda seputar masalah Islam di Konsultasi Syari’ah. Jawaban akan kami posting di Rubrik Konsultasi atau kami kirim ke alamat email Anda.

Share.

Leave A Reply