Talbina; Obat Kesedihan dan Stroke

0

Talbina resep thibunnabawi

Dalam sebuah hadits dari urwah meriwayatkan, Aisyah berkata bahwa apabila seorang kerabat meninggal, para wanita berkumpul, kemudian bubar kecuali anggota keluarga dan teman-teman dekatnya. Aisyah memerintahkan agar gulai daging disiapkan. Kemudian bubur gandum dibuat dan di campur dengan gulai daging itu. Aisyah kemudian memerintahkan untuk memakannya, lalu ia mengatakatan bahwa ia mendengar Rasulullaah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda ”Bubur daging memberikan perasaan lega bagi hati orang yang merasakan sakit dan menghilangkan kesedihan”

Talbina sudah dikenal lama, dan ini adalah termasuk resep thibunnabawi yang di berikan kepada orang yang sedang bersedih. Talbina dalam hadist diatas diartikan sebagai bubur daging. Bubur daging ini adalah sejenis gulai yang kekentalan mirip susu lemak. Makanan ini bermanfaat bagi orang yang sakit jika dimasak dengan baik hingga teksturnya lembut. Bubur daging meliki khasiat yang sama dengan sari gandum, bahkan lebih baik.

Sari gandum  diproses dari gandum mentah dan akan mengalami proses pencernaan yang cepat, bergizi dan dan dapat membersihkan perut. Jika dimakan dalam keadaan panas, sari gandum merupakan pembersih, mudah dicerna, lebih cepat membangun panas alami serta melembutkan lapisan luar lambung.

Dalam hadits dikatakan bahwa “bubur daging dapat menghilangkan kesedihan” menurut Ibnu qoyyim kesedihan mendinginkan kondisi kejiwaan dan melemahkan panas alami tubuh, karena darah yang membawanya condong ke sisi hati yang merupakan tempat kesedihan. Bubur daging menguatkan panas alami tubuh seorang dengan demikian akan menghilangkan kesedihan dan kedukaan.

Talbina saat ini

Talbina atau tepung gandum kini mulai di kenal oleh masyarakat, di Indonesia talbina dikenal tepung gandum murni (tanpa campuran gilingan daging) yang banyak dijual di pasaran. Biji gandum sendiri memiliki beberapa bagian, yaitu bagian kulit bran. Di dalam kulit terdapat endosperma bagian inilah yang banyak digunakan. Tepung gandum saat ini mulai di kenal manfaatnya untuk mengatasi masalah lambung.

tepung gandum

Khasiat Talbina:

Menurut Sahar Musthafa Kamil dalam tesisnya pada Fakultas Pertanian, Universitas Kairo (1997) “Jewawut atau talbinah mengandung berbagai manfaat kesehatan, seperti menurunkan kolesterol, mengurangi infeksi kanker kolon, dan mengurangi infeksi penyakit jantung”.

Berikuti ini manfaat lain dari talbina:

  • Melancarkan pencernaan
    Biji gandum memiliki banyak serat yang tinggi sehingga khasiat menghaluskan feses manusia. Itulah mengapa biji gandum bermanfaat untuk pencernaan.
  • Diet
    Berobat dengan Talbina, Kandungan serat tinggi yang dimiliki biji gandum akan memberikan sensasi kenyang lebih lama. Maka dalam hal ini biji gandum dapat di manfaatkan untuk membantu melakukan diet.
  • Baik untuk jantung
    Berobat dengan Talbina, Kandungan serat gandum sangat baik untuk kesehatan jantung. Untuk kasus jantung koroner, dapat mengkonsumsi oat meal untuk membantu pengobatan. Dalam oat meal yang terbuat dari biji gandum mengandung folic acid yang berguna untuk mengurangi atau bahkan dapat menyembuhkan penyakit jantung koroner.
  • Mengurangi kolesterol
    Serat yang terkandung dalam biji gandum juga memiliki khasiat untuk mengikat kolesterol, lemak, dan juga asam empedu. Dengan begitu kolesterol dalam darah dapat dikurangi. Apabila kolesterol terkontrol maka akan mencegah timbulnya jantung koroner.
  • Diabetes
    Berobat dengan Talbina, Talbina yang berisi resin (baktin) yang melts dengan air dan mengatur aliran gula dalam darah, mencegah peningkatan gula dalam darah, sagat baik untuk penderita diabetes, dan Talbina yang memberikan perlindungan terhadap meningkatnya gula darah.

Kandungan talbina (tepung gandum)

Selain itu tepung gandum memiliki kandungan gizi yang baik. Nilai gizi per 100 gram: energi 249 kkal, protein 7,9 gram, lemak 1,9 gram, karbohidrat 49,7 gram, kalsium 20 mg, serat pangan 12,2 gram, besi 3,6 mg, magnesium 124 mg, fosfor 332 mg, kalium 340 mg, seng 2,8 mg, tembaga 0,4 mg, mangan 4,1 mg, selenium 70,7 mg, vitamin B1 0,5 mg, vitamin B2 0,1 mg, vitamin B6 0,3 mg, vitamin E 1 mg, niasin 5,7 mg, asam pantotenat 0,9 mg, asam folat 43 mg.

Mengobati stroke dengan Talbina

Stroke, baik jenis penyumbatan ataupun perdarahan, pada dasarnya adalah penyakit sanguin, (menyerang darah/damm), walaupun kadang dijumpai jenis melankolik atau stroke dingin.

Adapun masalah utama penderita stroke ada pada otak, maka diutamakan pemberian herbal

Untuk menjaga fungsi otak dan pemulihan dengan makanan lembut. Salah satu makanan lembut yang dapat diberikan pada penderita stroke adalah talbinah.

Memberikan makanan yang paling lembut kepada pasien yang berpenyakit berat adalah bagian dari kaidah Thibbun Nabawi. Diuraikan oleh Ibnu Qayyim bahwasannya talbinah bermanfaat untuk menguatkan panas tubuh alamiahnya dan melenyapkan duka serta kesedihan.

Untuk mengobati stroke talbina dibuat dengan mengambil 2-3 sendok makan sawiq (tepung gandum), kemudian dimasak bersama 250 ml susu murni ke dalam wajan dengan api sedang. Ketika pemasakan talbinah sebaiknya diaduk perlahan selama kurang lebih 10-15 menit dan setelah matang, yaitu membentuk bubur putih tuang talbinah ke dalam mangkuk dan diamkan hingga hangat.

Diterangkan juga dalam kitab Thibbun Nabawi, untuk memperbaiki rasa sebaiknya ditambahkan madu sesuai selera. Lalu talbinah dapat dimakan. Terkadang dalam proses pemulihan, penderita stroke mengalami demam, apabila demikian pembuatan talbinah tanpa perlu ditambahkan susu.[]

(dari berbagai sumber)

Share.

Leave A Reply