Tips Bergaul dengan Tetangga

0

Dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu dia berkata: “Rasulullah bersabda, Wahai Abu Dzar, bila kamu memasak sayur daging berkuah, maka perbanyaklah kuahnya, dan bagikan kepada tetanggamu.” (HR. Muslim)

Faedah Hadits

Dari hadits ini bisa dipetik pelajaran yang sangat berharga untuk kehidupan pribadi serta dalam bergaul dengan orang lain. Diantaranya:

  1. Ada anjuran untuk memberikan nasihat kepada orang-orang yang dekat dengan kita serta teman-teman kita. Tentu saja yang dimaksud adalah menasihati mereka dalam perkara kebaikan dan perkara yang bermanfaat bagi kehidupan dunia maupun akhirat mereka. Bila kita sudah mengetahui sebuah ilmu dan mengamalkannya, sewajarnya kita sampaikan kebaikan tersebut kepada orang-orang dekat dan teman karib kita.
  2. Di hadits ini juga menunjukkan anjuran saling memberikan hadiah antar tetangga. Sekedar memberikan makanan, bingkisan, makanan kecil untuk anak-anaknya atau yang lain. Saling memberi hadiah, bisa membekaskan rasa cinta dan kasih sayang. Karena memang manusia, secara fitrahnya akan senang pada orang yang berbuat baik kepadanya.
  3. Jangan meremehkan kebaikan, meski jumlah atau nilainya tidak seberapa. Meski kecil atau murah, itu semua tetaplah kebaikan yang dinilai oleh Allah subhanahu wata’ala.

Sumber: Majalah Elfata edisi 01 vol. 08 tahun 2008

Share.

Leave A Reply