Tips Menghindari Godaan Maksiat

0

Dari saudara Sulkifli Herman di Jln. poltek

Pertanyaan:

Ana mau nanya bagaimana cara agar ana tidak mudah terpengaruh dengan hal-hal yang dilarang oleh agama?
Dimana hal tersebut pernah saya lakukan dulu waktu ana masih SMK. ana tunggu jawabannya, syukran jazakallah khairan.

Jawaban:

Hayyakallahu Ya Akhi, ana nasehatkan diri ana dan antum beberapa hal :

  1. Perbanyaklah do’a kepada Allah Yang Maha pemberi Hidayah dan Petunjuk agar memberi kita keistiqomahan di atas jalan-Nya dan memalingkan hati kita dari keburukan. Mintalah setiap saat dengan penuh kekhusyu’an dan pengharapan kepada-Nya.
  2. Tinggalkan hal-hal yang bisa memancing antum mengingat keburukan tersebut, dan perlu diingat setelah seorang hamba bertaubat dari sebuah dosa maka akan dimudahkan untuknya melakukan dosa tersebut setelah ia tobat untuk menguji kejujurannya di dalam bertaubat
  3. Banyaklah bergaul dengan orang-orang shaleh dan menghadiri majelis-majelis Ilmu karena kebersamaan kita dengan mereka membantu untuk menguatkan hati kita dalam ketaatan.
  4. Perbanyaklah melakukan amalan ibadah yang akan mewariskan rasa takut dalam hati yang menghalangi seseorang untuk terjatuh dalam kemaksiatan.
  5. Sibukkan diri dengan hal-hal yang bermanfaat yang mubah seperti olahraga atau selainnya dan sebaik-sebaik kegiatan adalah menyibukkan diri dengan aktivitas dakwah dan kegiatan keagamaan.
  6. Perbanyaklah istighfar dan jangan sampai syaitan menanamkan perasaan putus asa dalam hati anda jika kembali terjatuh dalam dosa tersebut setelah anda bertobat darinya. Perbaharui terus taubat anda, lawanlah hawa nafsu anda sampai ia tunduk pada keridaan Allah dan Rasul-Nya.

Semoga Allah senantiasa memberi kita Taufik-Nya. Wallahu a’lam

Dijawab oleh Ustadz Harman Tajang, Lc. hafidzahullah

——————————

Silahkan kirim pertanyaan Anda seputar masalah Islam di Konsultasi Syari’ah. Jawaban akan kami posting di Rubrik Konsultasi atau kami kirim ke alamat email Anda.

 

Share.

Leave A Reply