Wahdah Makassar Sukses Menyelenggarakan Donor Darah Sukarela

0

WAHDAHMAKASSAR.org – Departemen Sosial Kesehatan (Soskes) DPD Wahdah Islamiyah Makassar kembali sukses menggelar kegiatan sosial keummatan. Kali ini Dept. Soskes menyelenggarakan Donor Darah Sukarela. Donor Darah Sukarela ini mengangkat tema ‘Setetes Darah Anda Dapat Menjadi Sebab Terselamatkannya Satu Jiwa Manusia’ yang diharapkan dapat memberikan bantuan pemenuhan kebutuhan darah di Sulses, khususnya di Makassar.” ungkap dr. Rudianto Joto selaku ketua Departemen Sosial dan Kesehatan DPD WI Makassar.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari sabtu (22/4) bertepatan dengan Taklim Malam Ahad di masjid Wihdatul Ummah. Tim UTD dan panitia telah bersiap di lokasi mulai pukul 17.00 untuk menyiapkan meja donor dan daftar pendonor. Dari sekian banyak pendaftar, sekitar 45 orang dinyatakan layak untuk kemudian diambil darahnya oleh tim.

Kegiatan yang dilaksanakan berkat kerja sama dengan UPTD Transfusi Darah Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan mengambil lokasi di ruang kelas SDIT Wihdatul Ummah. Kegiatan ini sengaja dilaksanakan di lokasi tersebut guna menadah peserta taklim yang berjumlah ratusan untuk diikutsertakan dalam kegiatan donor darah ini. “Alhamdulillah peserta taklim antusias untuk berdonor.” tambah ketua Soskes yang akrab disapa dr. Rudi.

Kegiatan yang diprogramkan rutin ini memang selalu dinantikan kehadirannya. Selain membuat badan sehat, disediakan pula konsumsi gratis setelah berdonor dan yang paling utama adalah berpahala di sisi Allah, mengingat kebutuhan darah di masyarakat kini semakin banyak. “Darah yang ada di UTD gratis untuk masyarakat yang membutuhkan, asal melengkapi foto kopi KTP, KK, dan BPJS untuk administrasi.” Ungkapnya.

Seorang pendonor pemula merasa lega setelah mendonor karena ternyata berdonor darah itu tidak sakit. “Alhamdulillah dapat berdonor dengan baik. Ini yang pertama buat saya. Ternyata tidak sakit” ungkap Aponk yang baru pertama kali mendonorkan darahnya. “Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini, dapat membantu saudara-saudara kita dalam hal kebutuhan darah.” harapan panitia.[]

Pemeriksaan Darah

Pemeriksaan Darah

Pserta Menjalani Donor Darah

Pserta Menjalani Donor Darah

Salah Satu dari Darah Peserta

Salah Satu dari Darah Peserta

Share.

Leave A Reply